Monday, April 18, 2011

Cukup singkat, hanya sekejap saja.

Ketika tadi memasuki sebuah ruang yang berukuran sempit dan bertemu dengan beberapa rekan, aku terhenti sejenak dari langkahku. Diam, sekejap saja. Namun dalam waktu yang super singkat itu, ada rentetan peristiwa yang terekam dalam benakku. Seperti kumpulan klip-klip kejadian yang sudah kualami dalam hidup atau hanya sekedar ilusi dan imaji yang sekedar melintas acuh. Sekali lagi semua itu hanya sekejap saja.

Aku pernah mempunyai telepon genggam dilengkapi dengan perekam gambar dan video. Alat itu mampu merekam sampai 30 gambar dalam satu detik. Aku takjub pada masa itu. Sewaktu masih kecil akupun pernah menonton serial kartun Tom & Jerry, setiap tayangan berdurasi 5-8 menit. Dalam 5 menit kartun tersebut ternyata memerlukan paling tidak 2000 lembar gambar. Luar biasa pikirku. Dan itu hanya sekejap saja.

Entah apa yang aku harapkan dari perhentian sejenak itu, tapi itu cukup membuatku bertanya-tanya. Ada apa dengan waktu? Apakah dia berhenti karena lelah menjalani lingkaran yang tak pernah ada habisnya? Apakah dia juga terlalu suntuk untuk menatap hari itu? Semua memang singkat. Hanya sekejap saja, namun waktu itu berhenti. Dalam singkatnya waktu aku dibawa untuk berlari-lari mengitari masa lalu dan masa depan, melewati ilusi dan imaji, melampaui sugesti dan intuisi. Aku kagum, hanya dalam sekejap saja.

"Tik", suara dentang jarum tipis nan paling panjang dari kedua rekannya itu mulai melangkah lagi. Sekejap tadi sudah berakhir. Aku disadarkan pada masa kini. Aku dihadapkan pada pandangan realitas lagi. Ketika ku ulangi sekejap ternyata sungguh singkat, bahkan aku tidak bisa membayangkan satu klip saja sebuah kejadian. Tidak ada kata kembali, jua kata berhenti. Waktu terus berlari.
180411

2 comments:

  1. whoa.....another nice post kak nuel :)

    keep on writing kak...gonna read ur next posting :)
    anyway, aq suka bagian ini:
    "melewati ilusi dan imaji, melampaui sugesti dan intuisi. Aku kagum, hanya dalam sekejap saja"

    ReplyDelete
  2. Nu...good posting. knp ga km masukin kompasiana?
    -Kris-

    ReplyDelete